PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SDN 35 LUBUK SARIK PESISIR SELATAN

Jefi, Adriano and MARSIS, MARSIS and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI SDN 35 LUBUK SARIK PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengeluarkan pendapat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 35 Lubuk Sarik Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kemampuan membaca pemahaman siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan lembar observasi kemampuan membaca pemahaman siswa diperoleh bahwa rata-rata persentase kegiatan membaca pemahaman siswa menjawab pertanyaan dengan tepat pada siklus I 50% sedangkan pada siklus II 72,5%, mengeluarkan pendapat pada sikluS I 47,36% sedangkan pada siklus II 72,5%. Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh bahwa rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 54,75 dan rata-rata siklus II 80,26, persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa pada siklus I 57% sedangkan kan pada siklus II 84,21%. Dari peningkatan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II berarti target pencapaian pembelajaran dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition berlangsung dengan baik. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, cooperative integrated reading and composition, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:30
Last Modified: 08 Nov 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item