PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN 39 KAMPUNG PANSUR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN

Lina, Fitria and Erman, Har and Muhammad, Sahnan (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN 39 KAMPUNG PANSUR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (132kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 39 Kampung Pansur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017 di SDN 39 Kampung Pansur. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 39 Kampung Pansur yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Instrumen penelitian berupa soal yang berbentuk objektif, esai dan lembaran observasi. Hasil penelitian memperlihatkan persentase peningkatan siswa pada siklus I yaitu 66,66% meningkat pada siklus II yaitu 83,33%. Hasil evaluasi akhir siklus I dilihat adanya peningkatan nilai ratarata kelas dari 64,44 dengan ketuntasan siswa sebanyak 9 orang dengan persentase (50%), meningkat menjadi rata-rata kelas 77,22 dengan ketuntasan 14 orang dengan persentase (77,78%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 39 Kampung Pansur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:49
Last Modified: 08 Nov 2023 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item