PENGARUH PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG

LUCI DELVINA, DELVINA and MARSIS, MARSIS and Hidayati, Azkiya (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB V-NPENUTUP.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, siswa kurang aktif dan siswa kurang mampu memahami konsep yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan metode konvensional dan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada aspek kognitif. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Susanto (2014) tentang pembelajaran bahasa Indonesia dan model pembelajaran Mind Mapping yang dikemukakan oleh Shoimin (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Sungai Sapih Padang yang berjumlah 49 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN 27 Sungai Sapih Padang, dengan menggunakan model Mind Mapping dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen 84,8 dan nilai ratarata kelas Kontrol 78,54 dengan taraf uji statistik (α=0,05) diperoleh ����� 1,79 dan ��� � 1,68 berarti �����> dari ��� � , maka hipotesis �diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulakan hasil belajar bahasa Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Konvensional pada materi membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat di kelas IV di SDN 27 Sungai Sapih Padang. Kata Kunci: model mind mapping, hasil belajar bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:52
Last Modified: 08 Nov 2023 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item