PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 04 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Mela, Afrike and Erman, Har and Erwinsyah, Satria (2017) PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 04 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (165kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, siswa kurang memahami konsep yang diberikan oleh guru, kecenderungan guru dalam menggunakan metode konvensional, hasil belajar siswa masih banyak dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajarkan dengan model Course Review Horay. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan Susanto (2013) tentang pembelajaran bahasa Indonesia dan model pembelajaran Course Review Horay yang dikemukakan Huda (2014), Dalman (2013 :3), yang menyatakan bahwa “menulis merupakan suatu kegiatan komunikasi penyampaian pesan (informasi) secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 50 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design yaitu postest-only contol design dan didapatkan kelas V-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas Kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 04 Pancung Soal kabupaten Pesisir Selatan, dengan menggunakan model Course Review Horaydengan nilai rata-rata kelas Eksperimen 86,2 dan nilai ratarata kelas Kontrol 78,8 dengan taraf uji statistik (α=0,05) diperoleh ����� 2,15 dan ��� � 1,68 berarti ����� > dari ��� � , maka hipotesis � diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulakan hasil belajar bahasa Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Konvensional pada materi meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan di kelas V SDN 04 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Katakunci:model Course Review Horay, hasil belajar bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:56
Last Modified: 08 Nov 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item