PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG

Mifftah, Rahmanila and Syofiani, Syofiani and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (162kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan Susanto (2013) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition yang dikemukakan Suyatno (2009) dan membaca dikemukakan Dalman (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang yang berjumlah 58 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design yaitu Post-Test Only Control Group Design dan didapatkan kelas IVA sebagai Eksperimen dan dan kelas IVB sebagai Kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang, dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen 83,90 dan nilai rata-rata kelas kontrol 77,50 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif di kelas IV SDN 08 Surau Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:03
Last Modified: 08 Nov 2023 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item View Item