PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 05 PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN

Nindy, Dwi Gusti and Yetty, Morelent and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 05 PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL TEKS2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar membaca siswa kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Talking Stick di SDN 05 Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 40 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Untuk menganalisis membaca digunakan teori yang dikemukakan oleh Tarigan (2008) tentang membaca dan model pembelajaran Talking Stick yang dikemukakan oleh Istarani (2012). Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia antara penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan hasil belajar membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia penerapan pembelajaran konvensional. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 80dan nilai ratarata kelas kontrol 72,5 dengan taraf uji statistik 0,05 diperoleh t����= 3,61 > t�� � = 1,68. Berdasarkan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Taking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: Talking Stick, hasil belajar membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:17
Last Modified: 08 Nov 2023 03:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item