KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA SISWA KELAS V SD N 03 KAMPUNG OLO PADANG

Riska, Suryadi and Yetty, Morelent and Hidayati, Azkiya (2017) KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA SISWA KELAS V SD N 03 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami cerita rakyat berbasis karakter dalam pembelajaran apresiasi prosa kelas V SD N 03 Kampung Olo Padang. Buku yang digunakan untuk menganalisis cerita rakyat adalah buku yang dikeluarkan oleh Dirtektorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud (2016)”. Sedangkan untuk menganalisis karakter digunakan teori yang dikemukakan oleh Mansur (2016), untuk prosa digunankan teori Tarigan (2006). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan analisis data perolehan hasil kemampuan memahami cerita rakyat berbasis karakter dalam pembelajaran apresiasi prosa siswa kelas V SD N 03 Kampung Olo Padang dapat dikelompokkan menjadi 6 kualifikasi. 6 kualifikasi tersebut, yaitu sebanyak 6 orang berada dalam kualifikasi sempurna, 2 orang siswa berada pada kualifikasi baik, 3 orang siswa berada pada kualifikasi lebih dari cukup, 1 orang siswa berada pada kualifikasi cukup, 1 orang berada pada kualifikasi hampir cukup, dan 1 orang siswa berada pada kualifikasi kurang. Berdasarka penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami cerita rakyat berada pada kualifikasi baik didapatkan dari jumlah kesuluruhan nilai siswa sebesar 1.134 dibagi dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang sehingga didapatkan nilai rata-rata sebesar 81. Ini menjelaskan bahwa siswa telah mampu memahami cerita rakyat berbasis karakter dalam pembelajaran apresiasi prosa karena nilai siswa sudah berada diatas rata-rata nilai KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:49
Last Modified: 08 Nov 2023 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17229

Actions (login required)

View Item View Item