PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 03 BINUANG KAMPUNG DALAM PADANG

Sari, Rahayu Novita Dewi and Gusmaweti, Gusmaweti and rona, taula Sari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 03 BINUANG KAMPUNG DALAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (110kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD N 03 Binuang Kampung Dalam Padang. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang berlangsung didominasi oleh guru dengan ceramah secara konvensional dan tidak adanya guru menggunakan model yang lebih variatif,siswa yang tidak memperhatikan guru dengan serius, pembelajaran hanya berpusat satu arah dan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran IPA di kelas IV SD N 03 Binuang Kampung Dalam Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV sebanyak 58 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Kelas eksperimen yaitu kelas IV A sedangkan kelas kontrol IV B. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipetosis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki rata-rata ketuntasan 81,67 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 74,82, dan hasil uji hipotesis sebesar 0,038 < 0,05. Maka dapat dideskripsikan bahwa (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih memberikan pengaruh positif daripada kelas kontrol. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Penelitian eksperimen, Model Recipocal Teaching, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:54
Last Modified: 08 Nov 2023 03:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

View Item View Item