PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

SILVINI, IRDAYANI and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (166kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Inkuiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada ranah kognitif pada pembelajaran IPS di SDN 10 Sungai Sapih. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan random sampling terhadap subjek. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih tahun ajaran 2016/2017. Teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Kelas Vc sebagai eksperimen dan kelas Vd sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan berbentuk objektif dengan reabilitas tes adalah r11 = 0,86. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 80,40 lebih tinggi dibandingkan kelas Kontrol yaitu 70,55. Dari hasil uji coba hipotesis diperoleh thitung>ttabel= 3,10 > 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Sungai Sapih, tahun ajaran 2016/2017 pada penggunaan strategi inkuiri dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci :Hasil Belajar, IPS, Inkuiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:03
Last Modified: 08 Nov 2023 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17234

Actions (login required)

View Item View Item