PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 05 PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN

Vivi, Arisandy and Yetty, Morelent and Hidayati, Azkiya (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 05 PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (249kB)
[img] Text
FULL TEKS4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar berbicara siswa kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Modeling The Way di SDN 05 Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, yang terdiri dari VA dan VB. Sampelnya adalah kelas VA yang terdiri dari 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang terdiri dari 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya atau pre test (tes awal). Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model Modeling The Way dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah. Kemudian diberi tes kembali post test (tes akhir). Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia antara penerapan model pembelajaran Modelling The Way dengan hasil belajar berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia penerapan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengujian hipotesis terhadap hasil belajar berbicara siswa maka diperoleh diperoleh t����= 2,04 dan t�� �= 1,67 pada taraf nyata α 0,05 dengan dk adalah 50. Dengan demikian ,t����>t�� � maka hipotesis diterima yaitu terdapat hasil belajar berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran modeling the way pada siswa kelas V SDN 05 Pasar Baru Bayang, Pesisir Selatan. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran modelling the way berpengaruh terhadap hasil belajar berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: modelling the way, hasil belajar berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:25
Last Modified: 08 Nov 2023 04:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item View Item