PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT

Yona, Amelia and Gusnetti, Gusnetti and Syafni, Gustina Sari (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (160kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD Negeri 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model CIRC. CIRC yaitu pembelajaran khusus mata pelajaran bahasa yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh menjadi bagian-bagian yang penting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, penggunaan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Ini dapat dilihat dari rata-rata hasil penelitian siklus I dengan persentase diperoleh bahwa siswa membaca teks 58,65%, sedangkan pada siklus II 84,8%, menentukan ide pokok 45,6% sedangkan pada siklus II 71,7%, dan menjawab pertanyaan 65,15% sedangkan pada siklus II 84,8. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa siklus I dengan rata-rata 67,17% dan rata-rata siklus II 75,65%, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 14 Sungai Aur dari siklus I ke siklus II pada keterampilan membaca pemahaman siswa dalam membaca teks mengalami peningkatan 26,15%, menentukan ide pokok mengalami peningkatan 26,1%, menjawab pertanyaan mengalami peningkatan 19,65%, dan pada hasil belajar keterampilan membaca pemahaman mengalami peningkatan 8,4%. Kata Kunci : keterampilan membaca pemahaman, CIRC ,hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:39
Last Modified: 08 Nov 2023 04:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item View Item