PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Yoza, Srinanda and Erman, Har and Erwinsyah, Satria (2017) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (131kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model Picture and Picture dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 29 Ulak Karang Utara, Padang pada tahun pelajaran 2016./2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 29 Ulak Karang Utara, Padang pada tahun pelajaran 2016./2017. Sebanyak 40 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara penerapan model Picture and picture dengan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 80,2 > kontrol = 70,6) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,46 > ttabel = 2,04). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture memberikan pengaruh yang lebih besar dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 29 Ulak Karang Utara, Padang. Melihat hasil penelitian ini, maka model Picture and Picture perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-kata Kunci : Picture and picture, Hasil Belajar IPA, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:43
Last Modified: 08 Nov 2023 04:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item