RESNI, SAPUTRI and Azrita, Azrita and Nawir, Muhar (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA SMAN 2 PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
6 resni saputri (1610013221007) ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
6 resni saputri (1610013221007) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar biologi dengan menerapkan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan Discovery Learning pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 (Eksperiment I) sebenyak 24 siswa dan kelas XI MIPA 3 (Eksperiment II) sebanyak 24 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 89,29 dan 91,96 pada kelas kelas eksperimen II dengan indeks N-gain kelas eksperimen I (0,72) pada kelas eksperimen II (0,82) dengan kriteria sama-sama tinggi. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil tes akhir diolah dengan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,677 dan thitung = 10,36 untuk kelas eksperimen I dan untuk eksperimen II diperoleh harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,677 dan thitung = 13,89 hal ini berarti thitung > ttabel dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi sistem ekskresi lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, student teams achievement division, discovery learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 02:09 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 02:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1786 |
Actions (login required)
View Item |