DESAIN KEMASAN RENDANG EKSPOR UNTUK MEMASUKI PASAR MESIR BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN

Muhammad Riedo Dharmawan, Riedo and Aidil Ikhsan, Aidil Ikhsan, S.T.,M.T.,IPM (2024) DESAIN KEMASAN RENDANG EKSPOR UNTUK MEMASUKI PASAR MESIR BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover - BAB 1.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB VI - DAPUS.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Adanya kegiatan perdagangan ekspor dan impor memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak, baik pengusaha, masyarakat luas maupun pemerintah. Salah satu pasar yang menjanjikan dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat adalah Mesir karena menawarkan peluang signifikan bagi perusahaan internasional. UMKM asal Indonesia yang telah hampir masuk ke Mesir adalah rendang ratuju Indonesia, rendang katuju sendiri didirikan pada tahun 2017 oleh Ade Surianto. Adapun tujuan yang dilakukan pada penelitian ini untuk menentukan variabel dan mengidentifikasi preferensi masyarakat Mesir dengan menyesuaikan selera konsumen yang relevan seperti simbol, motif, warna, dan gaya visual. Setelah didapatkan variabel dilakukan perancangan kemasan dan membuat prototype kemasan rendang sesuai dengan preferensi dan selera konsumen. Perancangan kemasan dilakukan berdasarkan keinginan konsumen. Keinginan konsumen bersifat implisit, oleh karena itu perancangan kemasan ini dilakukan dengan menggunakan Kansei Engineering. Metode Kansei Engineering dapat mengetahui keinginan konsumen berdasarkan aspek psikologi, yaitu perasaan dan emosi konsumen, sehingga akan mempermudah dalam menerjemahkan keinginan konsumen menjadi desain produk. Hasil rancangan kemasan didapatkan dari hasil pengolahan data, dan bagaimana menghubungkan kata-kata Kansei dengan properti produk serta bagaimana hasil pemilihan berbagai jenis model kemasan yang sesuai dengan kriteria kata-kata Kansei. Alternatif rancangan kemasan yang diberikan ada 3 rancangan. yakni rancangan alternatif 1 (satu) berbentuk standing pouch, rancangan alternatif 2 (dua) berbentuk segitiga dan rancangan alternatif 3 (tiga) berbentuk persegi. Rancangan yang terpilih adalah rancangan 1 (satu) yaitu kemasan standing pouch termasuk salah satu kemasan yang sedang trend saat ini, Kemasan standing pouch dilengkapi dengan grip pemegang diatasnya yang mempermudah produk untuk dibawa. Selain itu standing pouch memiliki tampilan desain yang terlihat kokoh dan memiliki bentuk yang lebih fleksibel. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah untuk lebih mengeksplor variabel lain yang mungkin mempengaruhi harapan konsumen terhadap kemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:35
Last Modified: 14 Mar 2024 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item