PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 047/XI KOTO BARU, KOTA SUNGAI PENUH, PROVINSI JAMBI

Annisa, Ulfadya and Rio, Rinaldi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 047/XI KOTO BARU, KOTA SUNGAI PENUH, PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL SKRIPSI ANNISA ULFADYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (318kB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 047/XI KOTO BARU, KOTA SUNGAI PENUH, PROVINSI JAMBI Annisa Ulfadya1 , Rio Rinaldi2 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : ulfadyaa@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis siswa Kelas II SD Negeri 047/XI Koto Baru, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Hal tersebut disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau teknik atau media dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis siswa menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas II SDN 047/XI Koto Baru, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 047/XI Koto Baru, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, yang berjumlah 22 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar penilaian keterampilan menulis siswa. Persentase lembar observasi aktivitas guru pada siklus I yatiu 66,66% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 85,11%. Rata-rata observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 64,58% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 83,33%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 54,54% dengan rata-rata hasil belajar 71,13 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,81% dengan rata-rata 84,54. Hal ini berarti pembelajaran pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN 047/XI Koto Baru, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kata Kunci: Keterampilan Menulis,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:57
Last Modified: 18 Mar 2024 06:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item