PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 028/XI TANJUNG KOTA SUNGAI PENUH

Alfiana, Alfiana and Zulfa, Amrina (2024) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 028/XI TANJUNG KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (415kB)
[img] Text
SKRIPSI ALFIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN 028/XI Tanjung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 028/XI Tanjung yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru terhadap kegiatan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatkan aktivitas guru pada siklus I 65% dengan kriteria baik dan siklus II mencapai 85% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I 49 dan sikus II mengalami peningkatan 72, sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 58% dan siklus II mengalami peningkatan 83%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education di kelas IV SDN 028/XI Tanjung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar Model Realistic Mathematics dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas. Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar, Realsitic Mathematics Education dan matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:53
Last Modified: 18 Mar 2024 06:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18912

Actions (login required)

View Item View Item