PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 47 KORONG GADANG KURANJI

Yengsi, Anita Putri and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 47 KORONG GADANG KURANJI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di SD Negeri 47 Korong Gadang Kuranji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 47 Korong Gadang Kuranji. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penetian Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri 47 Korong Gadang Kuranji yang berjumlah 53 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes butir soal pilihan ganda. Data dari hasil Posttest akan diuji dengan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata78,33 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,81. Berdasarkan hasil hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t_tabel = 1,676 dan t_hitung= 2,196. Hal ini berarti t_hitung> t_tabel, yaitu 2,196 > 1,676 dengan demikian Hₒ ditolak dan H₁. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SD Negeri 47 Korong Gadang Kuranji dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Model kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:34
Last Modified: 21 Mar 2024 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item