UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SDN 09 SURAU GADANG KOTA PADANG

Athaya Dea, Aidila and Enjoni, Enjoni (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SDN 09 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI ATHAYA DEA AIDILA S.Pd (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ATHAYA DEA AIDILA S.Pd (1) (2).pdf

Download (742kB)
[img] Text
SKRIPSI ATHAYA DEA AIDILA S.Pd (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari rendahnya prestasi belajar siswa kelas III B dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 09 Surau Gadang.Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode ceramah dengan media pop up book dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 09 Surau Gadang.Dalam penelitian ini, Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dengan dua siklus, dimana setiap siklus melibatkan dua pertemuan serta dilakukan tes akhir untuk mengukur hasilnya.Subjek investigasi terdiri dari 23 peserta didik kelas III B di SDN 09 Surau Gadang, Kota Padang. Instrumen riset melibatkan lembar aktivitas pendidik dan tes pencapaian akademik peserta didik. Penemuan dari riset menunjukkan kenaikan pada lembar pencatatan aksi pendidik dari 75% pada iterasi pertama menjadi 87,5% pada iterasi kedua. Demikian juga, pada lembar tes pencapaian akademik peserta didik, nilai rata-ratanya meningkat dari 55 pada iterasi awal menjadi 77 pada iterasi berikutnya. Tingkat pencapaian kompetensi peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, meningkat dari 43,47% pada iterasi pertama menjadi 65,21% pada iterasi kedua. Berdasarkan temuan riset, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik ceramah dengan media pop up book berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B di SDN 09 Surau Gadang, Kota Padang. Sebagai rekomendasi, disarankan agar pendidik mengintegrasikan pendekatan ini dalam proses pembelajaran untuk meraih pencapaian akademik yang lebih maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:45
Last Modified: 21 Mar 2024 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item