PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 22 KURANJI KOTA PADANG

Selvia, Azzahra and Hidayati, Azkiya (2024) PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 22 KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i Selvia Azzahra.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ii Selvia Azzahra.pdf

Download (281kB)
[img] Text
iii Selvia Azzahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa khususnya Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 22 Kuranji masih belum mencapai KKM. Penyebabnya siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan saat pembelajaran. Kurangnya interaksi antara guru dengan siswa membuat pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model GQGA terhadap hasil belajar siswa khususnya Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 22 Kuranji Kota Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran GQGA yang dikemukakan oleh Wajdi (2012:227) dan Kurino (2018:35) untuk hasil belajar, serta pendapat Arikunto (2019) dan Sugiyono (2015) untuk menganalisis data. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok, dimana kelompok pertama diberikan perlakuan menggunakan model GQGA dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan. Kelompok yang diberikan perlakuan disebut kelas eksperimen sedangkan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 22 Kuranji Kota Padang dan sampelnya seluruh populasi dijadikan sampel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian data dari kelas sample yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya yang dilakukan adalah uji hipotesis dengan uji-t menggunakan softwarw SPSS 15 dengan rumus Independent sample t-test dengan menunjukkan thitung = 6,689 dan ttabel = 1,685 dengan dk = (n-2) dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel 6,689 > 1,685. Jadi dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang menggunakan model GQGA lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model GQGA”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:44
Last Modified: 21 Mar 2024 06:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item View Item