Tri Adhya Pebriani, Adhya and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN TIPE TALKING STICK DI SDN 213/IX MARKANDING KABUPATEN MUARO JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER DLL.pdf Download (878kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB PENUTUP.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
TRI ADHYA PEBRIANI 20-218 SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui tipe Talking Stick di SDN 213/IX Markanding Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A di SDN 213/IX Markanding Kabupaten Muaro Jambi yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2024/2025. Instumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 65% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Persentase penilaian afektif aspek kerjasama (A2) siswa siklus I bahwa diperkirakan sebesar 57,38meningkat pada siklus II 80,78. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif aspek pemahaman (C2) siswa pada siklus I adalah 21% dengan nilai rata-rata 60, meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan nilai rata-rata 80. Kesimpulannya bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV-A dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Talking Stick di SDN 213/IX Markanding Kabupaten Muaro Jambi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:26 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19071 |
Actions (login required)
View Item |