PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELJARAN PPKn DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Yola, Oktariani and M., Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELJARAN PPKn DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI YOLA OKTARIANI 2024 ABSTARK-BAB 1 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI YOLA OKTARIANI 2024 BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
SKRIPSI YOLA OKTARIANI 2024 FC H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah serta siswa lebih banyak mencatat atau meringkas tanpa penanaman konsep dari pembelajaran itu sendiri, serta penggunaa model pembelajaran yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan afektif kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas V Di SD Islam Khaira Ummah Kota Padang dengan menggunakan model Scramble. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan II siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75% dengan nilai rata-rata 79,03, sedangkan pada siklus II adalah 86% dengan nilai rata-rata 87,43. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 86,01%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn melalui model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif (C2), kemampuan pemahaman dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek afektif (A2), kemampuan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:33
Last Modified: 21 Mar 2024 06:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19087

Actions (login required)

View Item View Item