PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI 05 SURAU GADANG

Retno, Amelia and M., Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI RETNO AMELIA 2024 ABSTRAK - BAB 1.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Skripsi Retno Amelia Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Skripsi Retno Amelia 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar Siswa pada pembelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV D SDN 05 Surau Gadang Padang yang berjumlah 28 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas Guru dan tes hasil belajar Siswa. Pada siklus I persentase skor yang diperoleh dari aktivitas Guru yaitu 68% dengan kategoti cukup dan pada siklus II persentase skor aktivitas Guru meningkat menjadi 85% dengan kategori sangat baik. Berikutnya ketuntasan hasil belajar Siswa pada siklus I menunjukkan bahwa persentase hasil belajar aspek kognitif pengetahuan (C1) Siswa sebesar 64% dan aspek kognitif pemahaman (C2) 57% dan meningkat pada siklus II aspek kognitif pengetahuan (C1) sebesar 86% dan aspek pemahaman (C2) sebesar 82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada kelas IV D SDN 05 Surau Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:01
Last Modified: 21 Mar 2024 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item