SEKAR ARUM, SARI and HASNUL, FIKRI (2024) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
FULLTEKS SKRIPSI SEKAR ARUM SARI 20-287.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik di SDN 32 Bungo Pasang khususnya pada kelas VB karena pada saat proses pembelajaran di kelas berfokus pada pendidik sebagai sumber utama pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran menulis bahasa Indonesia kelas VB SDN 32 Bungo Pasang. Menurut Susanto, pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari empat keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis tidak dapat dipisahkan, terutama di sekolah dasar. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB ditahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 orang. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari catatan observasi aktivitas pendidik, catatan observasi proses aktivitas peserta didik, angket minat peserta didik, dan lembar tes akhir. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas pendidik siklus I sebesar 68% meningkat menjadi 89% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas peserta didik rata-rata persentase siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 87% di siklus II. Selanjutnya rata-rata hasil belajar naik 11 poin di siklus II yaitu dari 67 menjadi 78. Hal ini menggambarkan bahwa hasil rata-rata tes akhir siklus II sudah memenuhi kategori tuntas karena berada di atas KKTP 75. Jumlah persentase ketuntasan peserta didik pada siklus II naik secara signifikan yaitu dari 22,22% menjadi 83,33%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor minat peserta didik di siklus I hanya mendapat rata-rata keseluruhan indikator 63,84 dengan kategori rendah, meningkat pada siklus II menjadi 86,44 dengan kategori tinggi sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran menulis bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didikan. Kata kunci : Bahasa Indonesia, hasil belajar, minat, PJBL
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:04 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:04 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19107 |
Actions (login required)
View Item |