PENINGKATAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI SISWA KELAS IIB SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Ilham, Majid and Azkiya, Hidayati (2024) PENINGKATAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI SISWA KELAS IIB SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(i) ILHAM MAJD.pdf

Download (688kB)
[img] Text
(ii) ILHAM MAJID.pdf

Download (140kB)
[img] Text
(iii) ILHAM MAJID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sederhana di kelas IIB SD Negeri 35 Pagambiran. Hal ini disebabkan karena tidak pahamnya siswa dengan unsur kalimat sederhana yaitu subjek dan predikat dan juga kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model dan media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan menulis kalimat sederhana dengan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi siswa kelas IIB SD Negeri 35 Pagambiran Kota Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL yang dikemukakan Azzahra, dkk (2023:50) dan Wahyuni (2019:85) dan media pembelajaran video animasi dikemukakan oleh Alimah, N (2020:27) dan Mashuri, D.K. (2020:9) serta pendapat Arikunto (2010) untuk menganalisis data. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase sebesar 68,5% dan siklus II 83% mengalami kenaikan sebesar 14,5%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I 66%, dan siklus II 78% mengalami kenaikan sebesar 12%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 51% dengan rata-rata 77,3 dan siklus II sebesar 74% dengan rata-rata 82,3 atau mengalami peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 23%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan media video animasi dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada kelas IIB SD Negeri 35 Pagambiran. Kata kunci : kemampuan menulis, kalimat sederhana, model project based learning, media video animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:49
Last Modified: 21 Mar 2024 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item View Item