PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI 05 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Mia, Desrina Fitri and Marsis, Marsis (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI 05 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 05 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Kurangnya keterampilan menulis karangan narasi disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode, teknik atau media dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan model Think Talk Write. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Dalman (2016) dan model Think Talk Write dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan menulis siswa, lembar aktivitas guru, dan lembar aktivitas siswa. Untuk penilaian lembar observasi guru pada siklus I yaitu 62,5% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,5%. Lembar observasi siswa pada siklus I yaitu 56,5% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 87,5%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I sebesar 37,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam membuat karangan narasi dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 05 Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci : Keterampilan menulis karangan narasi, model Think Talk Write, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:22
Last Modified: 21 Mar 2024 07:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item