PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SD NEGERI 55 AIR PACAH KOTA PADANG

Ikhfa, Humaira and Yulfia, Nora (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SD NEGERI 55 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT IKHFA HUMAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model scramble di SD Negeri 55 Air Pacah Kota Padang. Sebagai Penelitian Tindakan Kelas, instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Prosedurnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VA dalam menjawab pertanyaan dapat ditingkatkan menggunakan model scramble, dimana pada siklus I sebesar 48% meningkat pada siklus II sebesar 78% dengan persentase kenaikan sebesar 30%. Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas VA dalam diskusi kelompok pada siklus I sebesar 56% meningkat pada siklus II sebesar 80% dengan persentase kenaikan sebesar 24%. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VA pada ranah kognitif tingkat pemahaman (C2) diperoleh persentase ketuntasan siklus I sebesar 56% dengan rata-rata 77 meningkat pada siklus II sebesar 78% dengan rata-rata 82, persentase kenaikan sebesar 5%. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa model scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA di SD Negeri 55 Air Pacah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:30
Last Modified: 21 Mar 2024 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item