PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV-B MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Yusi, Humaira and Hendrizal, Hendrizal (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV-B MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI YUSI COVER-BAB 1 2024.pdf

Download (863kB)
[img] Text
SKRIPSI YUSI BAB 5 2024.pdf

Download (289kB)
[img] Text
SKRIPSI YUSI HUMAIRA 2024 TERBARU BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah serta siswa lebih banyak mencatat atau meringkas tanpa penanaman konsep dari pembelajaran itu sendiri, serta penggunaa model pembelajaran yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aspek kognitif pengetahuan (C1), aspek kognitif pemahaman (C2) dan afektif kemampuan kerja sama (A2) kelas IV-B di SD Islam Khaira Ummah Kota Padang dengan menggunakan model Inquiry berbantu media Audio Visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan II siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,71% dengan nilai rata-rata 79,11%, sedangkan pada siklus II adalah 82,14% dengan nilai rata-rata 85,53%. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 67,86% meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn melalui model Inquiry berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) dan dapat meningkatkan hasil afektif (A2) kemampuan kerja sama siswa. Kata kunci: hasil belajar, PPKn, model inquiry berbantu media audio visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:39
Last Modified: 21 Mar 2024 07:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item