PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI NAGARI BINJAI KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN

Tuti Mutia, Tuti and Hidayati Azkiya, Hidayati (2024) PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI NAGARI BINJAI KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (18kB)
[img] Text
skripsi tuti okeeeee(w).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI NAGARI BINJAI KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN Tuti Mutia1, Hidayati Azkiya1 Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas BungHatta Email tutimutia442@gmail.com Abtsrak Penelitian ini didatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara penulis tentang Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Nagari Binjai Kec. Tigo Nagari, kab. Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum merdeka dalam pelaksanaaan proses pembelajaran di sekolah Dasar di Nagari Binjai. Model penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif menurut subjhana (2001:62). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini terdapat beberapa narasumber yaitu guru kelas yang menerapkan kurikulum merdeka dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kurikulum merdeka sudah diterapkan di SD Negeri di Nagari Binjai. Penerapannya baru di kelas I dan IV yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam hal perancanaan, pelaksanaan dan penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN Negeri Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman sudah dilakukan penerapan berbasis proyek dan adapun problematika guru dalam penerapan kurikulum merdeka yaitu kesulitan dalam membuat media yang manarik dalam pembelajaran serta kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, terbatasnya buku siswa dan kurangnya keterbatasan sarana dan prasarana serta kurikulum merdeka sudah berjalan dengan baik di SD Negeri di Nagari Binjai dan Hasil dari semua angket nya baik yaitu 93,3%. Kata kunci: Persepsi guru, Penerapan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:27
Last Modified: 21 Mar 2024 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19162

Actions (login required)

View Item View Item