PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG

Dea, Nabila and Hidayati, Azkiya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah Padang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B dengan jumlah 52 orang siswa, di kelas IV A berjumlah 26 orang siswa dan IV B berjumlah 26 orang siswa. Sampel dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode teknik non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa tes unjuk kerja mengenai keterampilan menulis teks puisi siswa kelas IV A SD Negeri 34 Air Pacah Padang dan siswa kelas IV B SD Negeri 34 Air Pacah Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil belajar keterampilan menulis teks puisi siswa menggunakan model konvensional kelas IV B SDN 34 Air Pacah Padang berada di bawah standar KKTP yaitu 70 dengan nilai 68,59. Sedangkan menggunakan model project based learning (PjBL) berbantuan media video animasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas IV A SDN 34 Air Pacah Padang yaitu 78,37 sudah mencapai KKTP yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan video animasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas IVA SDN 34 Air Pacah Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:39
Last Modified: 21 Mar 2024 07:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19164

Actions (login required)

View Item View Item