PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) DI SD NEGERI 15 ANDURING KOTA PADANG

Niza, Firmalinda and Susi, Herawati (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) DI SD NEGERI 15 ANDURING KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI NIZA FIRMALINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SD Negeri 15 Anduring dan kurangnya kemampuan siswa dalam berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah secara berkelompok disebabkan karena adanya kesenjangan tingkat kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di SD Negeri 15 Anduring. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 15 Anduring dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 100% dan pada siklus II memperoleh rata-rata 100%, sehingga hasil observasi kegiatan guru dikategorikan Sangat Baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 11 orang siswa (50%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas 11 orang siswa (50%). Siklus II persentase ketuntasan siswa sebanyak 19 orang siswa (82,608%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyk 4 orang siswa (15%). Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi luas bangun datar. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dengan persentase 50% mengalami peningkatan menjadi 82,608% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:36
Last Modified: 21 Mar 2024 07:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item