PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 DURIAN JANTUANG, KECAMATAN IV KOTO AUR MALINTANG, KABUPATEN PADANG PARIAMAN.

Yoza, Afria and Erman, Har (2024) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 DURIAN JANTUANG, KECAMATAN IV KOTO AUR MALINTANG, KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (988kB)
[img] Text
BAB I- BAB IV.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
YOZA AFRIA _ Skripsi _ Fix...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pengetahuan pada pembelajaran IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match di kelas IV SD Negeri 10 Durian Jantuang. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Rata-rata persentase siklus I bahwa lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 54% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 81% dengan nilai rata-rata 81. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 10 Durian Jantuang. Dari hasil yang sudah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Make A Match dapat menciptakan suasana pembelajaran dalam bentuk suatu permainan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:37
Last Modified: 21 Mar 2024 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item