PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA BERBASIS TEAM BASED PROJECT

Wandira, Wandira and Pebriyenni, Pebriyenni (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA BERBASIS TEAM BASED PROJECT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i WANDIRA.pdf

Download (873kB)
[img] Text
ii Wandira.pdf

Download (419kB)
[img] Text
iii Wandira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase E Elemen Bhineka Tunggal Ika Berbasis Team Based Project di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian adalah metode penelitian pengembagan (Research and development) (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 30 orang siswa. Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu pada fase E. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Kelas TKJT merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Project. TBSM merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 69,83% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 44% pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 11,89 dan nilai ttabel sebesar 2,042 pada taraf nyata signifikan 0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:41
Last Modified: 20 Mar 2024 06:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item