PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK

Nurmalisa, Lisa and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas IV SDN 19 Sungai Nanam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN 19 Sungai Nanam yang berjumlah 23 orang. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II, dimana rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,7%. Sementara rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 79%. Hasil belajar siswa dengan rata-rata 56,5 meningkat menjadi 73,6 pada siklus II. Persentase ketuntasannya adalah 43,4% pada siklus I meningkat menjadi 82,60% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN 19 Sungai Nanam pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dalan proses pembelajaran. Kata kunci : Aktivitas dan Hasil belajar siswa, Model Project Based Learning Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:43
Last Modified: 21 Mar 2024 03:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item View Item