PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK PADANG

Prizilia, meisella and Heri, Effendi (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,_HALAMAN_PENGESAHAN,_ABSTRAK,_DAFTAR_ISI_dan_BAB_PENDAHULUAN.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada tingkat pemahaman (C2) dan rendahnya kemampuan kerjasama siswa (A2) pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman dan kerjasama siswa pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan melakukan tes pembelajaran dan kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari siklus I 66% menjadi 84% pada siklus II, 2) hasil belajar ranah afektif siswa dari 60,5% pada siklus I meningkat menjadi 82% pada siklus II, 3) hasil observasi kegiatan guru dari 78, 09% pada siklus I meningkat menjadi 93, 74% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas V dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil pembelajaran IPAS pada ranah kognitif dan ranah afektif tersebut disebabkan dengan menggunakan model project based learning berbantu film dokumenter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:43
Last Modified: 21 Mar 2024 07:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19194

Actions (login required)

View Item View Item