Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Make A Match pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V-C Sd Islam Khaira Ummah Kota Padang

Yolly, Desnita and M., Tamrin (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Make A Match pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V-C Sd Islam Khaira Ummah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI YOLLY DESNITA (20-266).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model make a match di kelas V-C SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-C SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang berjumlah 29 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dapat dIbuktikan dari persentase ketuntasan, peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif kemampuan kerja sama siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa aspek kognitif (C1, C2) pada siklus I adalah 62,07% meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 60,34% meningkat menjadi 84,48% pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model make a match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan hasil afektif kemampuan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:44
Last Modified: 21 Mar 2024 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item