PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI KELAS IV SDN 02 KINALI, KABUPATEN PASAMAN BARAT

Anggi, Pranita Sari and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI KELAS IV SDN 02 KINALI, KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran SAVI kelas IV SDN 02 Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 orang siswa. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan, kegiatan guru dan siswa serta tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I dengan rata-rata 72,5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 92,5% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran pada siklus I meningkat dari rata-rata 58,92% menjadi 89,87% pada siklus II. Sedangkan analisis hasil belajar juga meningkat di peroleh persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 57,14% dengan rata-rata 73,09% meningkat pada siklus II sebesar 85,71% dengan rata-rata 80,95%. Dapat disimpulkan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN 02 Kinali, Kabupaten Pasaman Barat dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, dan Intelektual) dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:57
Last Modified: 21 Mar 2024 07:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19257

Actions (login required)

View Item View Item