PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIAK PADANG

Ramos, Triadinata and Syofiani, Syofiani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIAK PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya data aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 36 Gunung Sariak Padang, yang disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran sangat memberikan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Time Token di SDN 36 Gunung Sariak Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan jumlah siswa 26 orang. Terdapat 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan di kelas VD SDN 36 Gunung Sariak Padang. Adapun instrument penelitian yang digunakan lembar aktivitas kegiatan guru, lembar aktivitas kegiatan siswa dan lembar keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I lembar aktivitas guru pada siklus I sebesar 61,53% meningkat pada siklus II menjadi 85,53% sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57,14% pada siklus II meningkat menjadi 89,28%. Hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus satu memperoleh nilai sebanyak 44% meningkat pada siklus II menjadi 88,46%. Berdaarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Time Token pada keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siwa kelas V SDN 36 Gunung Sariak Padang. Saran menggunakan metode Time Token pada pembelajaran bahasa Indonesia membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran dan penerapan metode Time Token pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahaan informasi dan perbandingan bagi pelaksanaan penelitian sejenis relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:42
Last Modified: 21 Mar 2024 03:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item View Item