PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA VISUAL JAM SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 PAYAKUMBUH

Anisa, Rieke and Hani, Alyusfitri (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA VISUAL JAM SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abtrak, Daftar Isi.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA VISUAL JAM SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 PAYAKUMBUH Anisa Hani1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : hanianisa52@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 52 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Dengan Penerapan Model pembelajaran (STAD) Berbantu Media Visual Jam Sudut SDN 52 Payakumbuh Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 85,83% termasuk kategori sangat baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 91,55% termasuk kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I yaitu 77,78% dan nilai rata-rata adalah 81,38. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 83,33% dan nilai rata-rata 86,12. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan (STAD) siswa kelas V SDN 52 Payakumbuh berjalan dengan baik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan pembelajaran Matematika melalui model (STAD) siswa kelas V SDN 52 Payakumbuh dapat meningkatkan. Peneliti menyarankan penggunaan Model Pembelajaran dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:57
Last Modified: 20 Mar 2024 06:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item