PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 55 AIR PACAH KOTA PADANG

Yuni Okta, Afriani and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 55 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks deskripsi siswa di kelas IV SDN 55 Air Pacah, kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Lerarning (PBL) di kelas IV SDN 55 Air Pacah, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah, Kota Padang, yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar penilaian keterampilan menulis siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 80% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 92.5%. Rata-rata observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 72,5% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I persentasenya 44% dengan rata-rata hasil belajar 62, meningkat menjadi 84% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 78. Berdasarkan hasil penilaian ini, dapat disimpulkan model Problem Based Lerarning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah, Kota Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Lerarning (PBL) dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Kata kunci: keterampilan menulis, model Problem Based Lerarning (PBL), bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:01
Last Modified: 21 Mar 2024 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19295

Actions (login required)

View Item View Item