MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH di SDN 01 ULAK KARANG SELATAN PADANG

Suntari, Nelvia and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH di SDN 01 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I COVER, HALAMAN PENGESAHAN ,PENDAHULAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI SUNTARI NELVIA 20-152.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Make A Match di kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang. Jenis penelitiana ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 70% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Persentase penilaian afektif A1 (menyampaikan hasil diskusi) siswa siklus I bahwa diperoleh sebesar 73,5 meningkat pada siklus II 89,5. Persentase ketuntasan hasil pembelajaran C2 (pemahaman) siswa pada siklus I adalah 60% dengan nilai rata-rata 75, meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan nilai rata-rata 83,3. Kesimpulannya bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV-A dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Make A Match di SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:57
Last Modified: 22 Mar 2024 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item