Suntari, Nelvia and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH di SDN 01 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
BAB I COVER, HALAMAN PENGESAHAN ,PENDAHULAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI SUNTARI NELVIA 20-152.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Make A Match di kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang. Jenis penelitiana ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 70% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Persentase penilaian afektif A1 (menyampaikan hasil diskusi) siswa siklus I bahwa diperoleh sebesar 73,5 meningkat pada siklus II 89,5. Persentase ketuntasan hasil pembelajaran C2 (pemahaman) siswa pada siklus I adalah 60% dengan nilai rata-rata 75, meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan nilai rata-rata 83,3. Kesimpulannya bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV-A dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Make A Match di SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19313 |
Actions (login required)
View Item |