PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Rahma, Inta Aulia and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN .pdf

Download (206kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang ada di kelas IV tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari persentase ketuntasan, peningkatan aktivitas diskusi pada siklus I adalah 68% meningkat menjadi 79% pada siklus II dan aktivitas demonstrasi pada siklus 1 adalah 61% meningkat menjadi 75% pada siklus II dan hasil belajar kognitif (C1,C2) pada siklus I adalah 43% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:22
Last Modified: 21 Mar 2024 05:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19352

Actions (login required)

View Item View Item