Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Bermuatan IPA DI SDN 26 Bukit Putus Dalam (Lagan) Kabupaten Pesisir Selatan

Indah, Rama Fidia and Enjoni, Enjoni (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Bermuatan IPA DI SDN 26 Bukit Putus Dalam (Lagan) Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover & Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V dan dapus.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SKRIPSI INDAH RAMA FIDIA 20-062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPA di SDN 26 Bukit Putus Dalam (Lagan) Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III SDN 26 Bukit Putus Dalam (Lagan) Kabupaten Pesisir selatan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 26 Bukit Putus Dalam yang berjumlah 20 orang, 13 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase kegiatan guru pada siklus I adalah 72,5% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% (sangat baik), sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64,5% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,25% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 26 Bukit Putus Dalam (Lagan) kabupaten Pesisir Selatan. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:32
Last Modified: 21 Mar 2024 03:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19356

Actions (login required)

View Item View Item