PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Yelsi Jelfia, Fitri and Wirnita, Wirnita (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN (1).pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran siswa saat membaca masih banyak yang terburu-buru tanpa mementingkan maksud dari bacan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca Pemahaman dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media power point dan mendeskripsikan peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca Pemahaman dengan model Problem Based Learning (PBL). Teori yang digunakan dalam model pembelajaran PBL dikemukakan oleh Wena ( 2009:91). Teori yang digunakan dalam membaca pemahaman dikemukakan oleh Dalman (2013:87). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata Peresentase aktivitas guru siklus I sebesar 70,00% meningkat pada siklus II menjadi 90,00%. Pada aktivitas siswa rata-rata presentasenya siklus I sebesar 71,00% meningkat pada siklus II menjadi 87,00%, presentase rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 74,00% meningkat pada siklus II menjadi 85,00%. dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan melalui model PBL siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam membaca pemahaman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman dengan model PBL menggunakan media power point dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Kata kunci: keterampilan membaca, model Problem Based Learning (PBL), bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:02
Last Modified: 21 Mar 2024 04:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item