PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 01 KOTO RAJO KABUPATEN PASAMAN

FILZATUN, NADIAH and Yetty, Morelent (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 01 KOTO RAJO KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I FILZATUN NADIAH .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DAFTAR RUJUKAN FILZATUN NADIAH .pdf

Download (319kB)
[img] Text
SKRIPSI PTK FILZATUN NADIAH 20 MARET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena, hasil observasi dan wawancara penulis tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa dan guru belum media kartu huruf dalam mengajar membaca permulaan kelas 1 SDN 01 Koto Rajo Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan media kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN 01 Koto Rajo Kabupaten Pasaman dan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan media kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN 01 Koto Rajo Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas (PTK) yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan menyusun, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelasnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 sebanyak 16 siswa, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklusnya 2 kali pertemuan. Analisis hasil belajar siswa, pada prasiklus berjumlah 5 siswa yang tuntas dengan presentase 31% dan siswa yang belum tuntas 11 siswa dengan persentase 69%. Siklus 1 mengalami peningkatan dengan jumlah siswa siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 65% dan siswa yang belum tuntas 6 siswa dengan persentase 35%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas 12 dengan persentase 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 4 siswa dengan persentase 25%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:20
Last Modified: 21 Mar 2024 05:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item