PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS I SD NEGERI 06 KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT

Wahdiana, Diana and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS I SD NEGERI 06 KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I dikarenakan terdapat beberapa siswa yang belum mengenal huruf dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) siswa kelas 1 SDN 06 Koto Balingka pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) siswa kelas 1 SDN 06 Koto Balingka. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan menyusun, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelasnya. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah Yennida, S.Pd (guru) dan Sahdiwan (teman sejawat) sebagai observer, dan peserta didik kelas I sebanyak 19 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian siklus I pada aktivitas guru sebanyak 85% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 93 % (sangat baik).Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 80% meningkat pada siklus II sebanyak 93%. Hasil kemampuan membaca siswa pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 70,57 (Cukup Baik) meningkat pada siklus II menjadi 84,26 (Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I pada pembelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 06 Koto Balingka Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:19
Last Modified: 21 Mar 2024 05:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item