Peningkatan Keterampilan Berpantun Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Role Playing Kelas V SDN 18 Batang Anai

Fadilawati, Fadilawati and M., Sayuti (2024) Peningkatan Keterampilan Berpantun Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Role Playing Kelas V SDN 18 Batang Anai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER DLL.pdf

Download (684kB)
[img] Text
ii. KESIMPULAN DLL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas V saat berpantun, serta rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpantun siswa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan model role playing pada kelas V SDN 18 Batang Anai. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas V yang dilaksanakan dua siklus. instrumen penelitian yang digunakan berupa teknik observasi, rubrik penilain dan tes. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 88,33% meningkat pada siklus II 95,33%. hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 83,33% meningkat pada siklus II 94,65%. sedangkan untuk hasil belajar siswa dalam dua siklus, terlihat bahwa pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,86% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79,43%. hal ini menunjukan melalui model role playing terjadi peningkatan keterampilan berpantun siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas V SDN 18 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:24
Last Modified: 21 Mar 2024 05:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19379

Actions (login required)

View Item View Item