PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Fariska, Fauzi and Enjoni, Enjoni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-LAMPPIRAN IKAA MANIS.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB 1 - BAB IV IKAA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB V IKAA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI IKA MANISSS FIX.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kongnitif aspek pengetahuan pada pembelajaran IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas III SD Negeri 06 Kampung lapai Padang. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. rata-rata persentase siklus 1 bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II adalah 85%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 54% dengan nilai rata-rata 66 meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan nilai rata-rata 80. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 ada 15 siswa (54%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 23 siswa (82%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 06 Kampung lapai Padang. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:21
Last Modified: 21 Mar 2024 05:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item