PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV B MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Olivia, Elvyra and Arlina, Yuza (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV B MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (866kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih menduduki nilai terendah dibanding pelajaran lainnya. Selain itu, rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model creative problem solving (CPS) di kelas IV B SDN 04 Kampung Olo Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model creative problem solving (CPS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 04 Kampung Olo Padang dengan jumlah siswa 26 orang, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model creative problem solving (CPS) terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I sebesar 77% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Persentase kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model creative problem solving (CPS) pada siklus I ada 14 orang (54%), sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 21 orang (81%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV B SD Negeri O4 Kampung Olo Padang. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar pelaksanaan model creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan aspek-aspek belajar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:24
Last Modified: 21 Mar 2024 05:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item