UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V B MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SDN 05 SURAU GADANG PADANG

Riska, Herlin Fitri and Arlina, Yuza (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V B MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SDN 05 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih menduduki nilai terendah dibanding pelajaran lainnya. Selain itu, rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam mengerjakan soal-soal berbentuk cerita pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatan kemampuan pemahaman konsep menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas V B SDN 05 Surau Gadang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 05 Surau Gadang dengan jumlah siswa 28 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Data yang diambil dalam penelitain ini adalah kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menunjukkan hasil yang baik. Dilihat dari rata-rata presentase kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni 68% meningkat menjadi 89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V B SDN 05 Surau Gadang Kec, Nanggalo Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:56
Last Modified: 21 Mar 2024 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19406

Actions (login required)

View Item View Item